Transformasi UMKM madu hutan menjadi wisata edukasi berkelanjutan: Pengembangan kampung wisata madu Provinsi Jambi
Abstract
PT Cipta Lebah Berkah (CLB) melalui merek Rumah Madu Hutan Jambi mengembangkan produksi madu berbasis koloni Apis dorsata di ekosistem gambut Danau Lamo, Muaro Jambi. Seiring meningkatnya minat terhadap wisata edukatif, CLB berpotensi mengembangkan desa edu-ekowisata berkelanjutan yang berfokus pada madu dan konservasi lebah. Namun, tantangan utama meliputi belum adanya perencanaan spasial terpadu, program wisata edukatif yang belum terstruktur, serta keterbatasan media interpretasi. Program pengabdian ini dilaksanakan selama delapan bulan melalui konsultasi dengan manajemen CLB dan observasi di dua lokasi, yaitu area budidaya madu di Danau Lamo dan outlet pemasaran di Kota Jambi. Kegiatan meliputi: (1) penyusunan rencana spasial Desa Wisata Madu; (2) perancangan program edu-wisata tematik bagi pelajar, masyarakat, dan keluarga; (3) pengembangan media interpretasi berupa booklet, leaflet, dan papan informasi; serta (4) penyusunan konsep kampanye sosial-lingkungan bersama LSM untuk mendorong produksi madu berkelanjutan dan kesadaran ekologi. Hasil menunjukkan bahwa lokasi budidaya potensial untuk pengalaman langsung proses madu, sedangkan outlet cocok untuk edukasi dan promosi. Perencanaan spasial dan media interpretasi memperkuat dasar pengembangan Desa Wisata Madu sebagai model “edu-ekowisata” yang menarik dan berkelanjutan. Kampanye sosial-lingkungan diharapkan meningkatkan identitas lokal, konservasi lebah dan ekosistem gambut, serta kesejahteraan masyarakat melalui usaha madu berkelanjutan.
References
Fuqorina, R., Firdaus, M.I., Nurkhotiah, S., & Kamari. (2024). Peningkatan ekonomi masyarakat dengan pengembangan wisata edukasi lebah madu. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 5(3): 546-554.
Hakima, A. & Hidayati, L. (2020). Peran Model Experiential Learning dalam Pendidikan berbasis Keterampilan Tata Busana. Jurnal online tata busana. 9(3): 51-59.
[Kemendikdasmen] Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2025). Data Referensi Pendidikan: Statistik Sekolah Kota Jambi [Internet]. Jakarta: Dapodikdasmen; [diakses 2025 Mei 19]. Tersedia dari: dapo.dikdasmen.go.id
Lestari, D., Pitri, R.M.N., & Helmi, M. (2020). Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Madu di Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sylva Scienteae. 3(1): 92-103
Purbasari, N. & Manaf, A. (2017) Karakteristik Elemen Sistem Pariwisata Ekowisata Desa Wisata Nglanggeran dan Wisata Desa pada Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota 13(1): 100-113. https://doi.org/10.14710/pwk.v13i1.15151
Setyawati, M., Angin, R.B.P., & Wijaya A.I. (2023). Potensi dan Strategi Edu-ekowisata Madu di Dusun Gunung Padang, Desa Karya Mukti. UG Jurnal. 17(5): 26-39
Sofiati, D., Fattah, M., Intyas, C.A., Anandya, A., & Aisyah, D. (2023). Segmentasi Pasar Ekowisata Bee Jay Bakau Resort Probolinggo. Jurnal Grouper 14(1): 9-14.
Sulistyani, S.N., Prisbitari, L.D., & Apriliani, K. (2011). Pengembangan wisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism) di Taman Nasional Gunung Salak. Institut Pertanian Bogor. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/44055
Suryani, E., Wahyulina, S., Diswandi, Furkan, L. M., Serif, S., & Ali, M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Usaha Budidaya Madu Trigona untuk Membentuk Kampong Madu Desa Saribaye Kecamatan Lingsar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.810

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.