Author Guidelines

Ruang lingkup. Jurnal Oase Nusantara menerima manuskrip hasil kajian multidisipliner ilmu pendidikan, pelatihan, dan riset di bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi.

Jenis artikel. Berkala ilmiah ini menerima artikel utuh dan sistematis berupa: (1) artikel hasil riset(2) ulasan (review), dan (3) kolom. Artikel riset dan ulasan/review pada berkala ilmiah ini dibatasi hingga 8000 kata. Khusus artikel ulasan/review setidaknya mengulas isu menarik, penting, dan anyar, atau mendapat undangan khusus dari editor Jurnal Oase Nusantara. Artikel dalam bentuk kolom merupakan tulisan singkat (< 600 kata) disertai foto terkait suatu fenomena, benda, kondisi, kejadian tertentu yang menarik untuk disajikan.

Submisi. Pengiriman manuskrip artikel dapat dilakukan dengan mengirimkan melalui surat elektronik (jon.kptk@gmail.com) atau melalui open journal system (Submission). Manuskrip artikel yang dikirimkan harus merupakan hasil pekerjaan orisinal penulis (atau tim penulis) dan tidak pernah dipublikasikan pada media lain sebelumnya (kecuali, bagian dari tesis, laporan, atau abstrak seminar/simposium yang tidak diterbitkan dalam prosiding), serta tidak juga sedang atau dikirimkan pada berkala ilmiah lainnya. Pastikan manuskrip ditulis menggunakan format (template) yang disediakan oleh Jurnal Oase Nusantara (format manuskrip Jurnal Oase Nusantara). Manuskrip harus dikirimkan beserta surat pengantar yang berisi informasi tentang judul artikel dan nama lengkap semua penulis. Jika manuskrip ditulis oleh lebih dari satu penulis, semua penulis harus telah membaca dan menyetujui versi final manuskrip yang dikirimkan, serta menyetujui proses pengiriman manuskrip ke berkala ilmiah ini. Setiap penulis haruslah memilik kontribusi yang signifikan terhadap konsep, rancangan riset, akuisisi data, analisis data, penyusunan dan revisi manuskrip. Setiap penulis harus bertanggung jawab terhadap kualitas, akurasi, dan etika hasil riset yang dituliskan.

Template >>> Download

Etika penulisan. Penulis harus tunduk pada hukum dan/atau etika dalam memperlakukan objek riset dan memperhatikan legalitas sumber materi dan hak atas kekayaan intelektual.

Hak cipta. Jika manuskrip diterima untuk diterbitkan, penulis masih memegang hak cipta dan dapat mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis diperbolehkan memperbanyak artikel selama tidak digunakan untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengurus HAKI atau patennya sebelum diterbitkan.

Open Access. Jurnal berkomitmen untuk akses bebas-terbuka yang tidak membebankan biaya akses kepada pembaca atau institusi mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, bahkan untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY 4.0.

Penerbitan (Accept). Hanya manuskrip yang ditulis dalam Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang diterima untuk diterbitkan. Silahkan berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Tesaurus untuk penggunakan kata dan lema. Manuskrip akan di-review oleh editor dan reviewer (blind review) sesuai dengan disiplin ilmunya. Penulis umumnya akan diberitahu tentang penerimaan, penolakan, atau perlu revisi dalam waktu 1 hingga 2 bulan setelah diterima. Manuskrip akan ditolak jika konten tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal, tidak memenuhi standar kualitas, format yang tidak sesuai, mengandung tata bahasa yang rumit, ketidakjujuran (yaitu plagiarisme, duplikasi publikasi, pemalsuan data, manipulasi kutipan, dll.), atau mengabaikan korespondensi dalam tiga bulan. Kriteria utama untuk publikasi adalah kualitas ilmiah dan signifikansi hasil riset. Hasil review (uncorrected proofs) akan dikirim ke penulis korespondensi melalui open journal system dan email dengan file .doc atau .docx untuk memeriksa dan mengoreksi kesalahan ketik. Untuk menghindari keterlambatan publikasi, manuskrip final (corrected proofs) harus dikembalikan dalam 7 hari. Makalah yang diterima akan diterbitkan secara daring dalam urutan kronologis setiap saat, tetapi dicetak pada bulan April dan Oktober.

Biaya Publikasi. Berkala ilmiah ini tidak membebankan biaya apapun kepada penulis selama proses submisi dan publikasi. 

Cetakan. Salinan cetak berkala ilmiah ini hanya tersedia dengan permintaan khusus. Salinan cetak tambahan dapat diminta saat memesan pada saat pengiriman kembali Manuskrip final (corrected proofs) melalui email.

Penyusunan Manuskrip. Manuskrip diketik di kertas ukuran A4 (210x297 mm2), dalam satu kolom, satu setengah (1.5) spasi, 12 titik (12pt) fon Times New Roman. Margin kertas adalah 2 cm dari atas dan bawah, dan 2 cm dari kiri dan kanan. Ukuran huruf yang lebih kecil bisa diterapkan dalam penyajian tabel dan gambar (10 pt). Program pengolah kata atau perangkat lunak tambahan dapat digunakan, namun harus kompatibel dengan PC (personal computer/OS Windows), dan berbasis Microsoft Word (.doc, .docx atau .rtf). Setiap Heading dan Sub-Heading (Bab dan Sub-bab) diwajibkan menggunakan menu styles yang disesuaikan pada tubuh tulisan/manuskrip. Termonologi dan Nomenklatur, Nama ilmiah spesies (termasuk subspesies, varietas, dll.) harus ditulis dengan cetak miring, kecuali kalimat yang dicetak miring (nama spesies menggunakan garis bawah pada kalimat miring). Nama ilmiah (genus, spesies, penulis) dan kultivar atau strain harus disebutkan secara lengkap pada penyebutan pertama kali dalam tubuh tulisan, terutama untuk manuskrip taksonomi, biologi, ekologi, kelautan dan perikanan. Selanjutnya nama genus dapat dipersingkat setelah penyebutan pertama, kecuali jika menimbulkan ambiguitas atau kebingungan narasi. Nama penulis dapat dihilangkan setelah terlebih dahulu menyebutkannya. Misalnya Haliclona (Soestella) elegantia (Bowerbank, 1875), selanjutnya dapat ditulis sebagai H. (S.) elegantia. Penggunaan nama-nama trivial harus dihindari. Tata nama biokimia dan kimia harus mengikuti urutan IUPAC - IUB. Untuk urutan DNA, lebih baik menggunakan fon Courier New. Singkatan kimia standar, dapat diterapkan untuk penggunaan yang umum dan jelas, misalnya, butilic hydroxyl toluene (BHT) yang ditulis lengkap dan kemudian menjadi BHT untuk ditulis setelahnya. Pengukuran metrik, menggunakan denominasi IS, dan sistem lainnya harus menggunakan nilai yang setara dengan denominasi IS yang pertama disebutkan. Singkatan seperti g, mg, mL, dll. tidak diikuti oleh titik. Indeks minus (m-2, L-1, h-1) disarankan untuk digunakan, kecuali dalam hal-hal seperti "per-ekor" atau "per-plot". Persamaan matematika dapat ditulis menjadi satu kolom dengan teks, dalam hal ini dapat ditulis secara terpisah. Penomoran, satu sampai sepuluh ditulis dengan kata-kata, kecuali jika berhubungan dengan pengukuran, sedangkan nilai-nilai di atas mereka ditulis dalam nomor, kecuali di awal kalimat. Pecahan harus dinyatakan dalam desimal. Dalam tubuh tulisan, persentase ditulis "%" daripada menggunakan kata "persen", sedangkan derajat menggunakan simbol (contoh: 100°) bukan menggunakan superscript angka 0 atau tulisan derajat. Hindari mengungkapkan ide dengan kalimat yang rumit dan bertele-tele, dan gunakan kalimat efektif dan efisien.

Judul. artikel harus ditulis dalam kalimat yang ringkas, jelas, dan informatif, sebaiknya tidak lebih dari 20 kata. Nama penulis harus ditulis secara lengkap (tanpa gelar akademik). Nama dan alamat institusi juga harus ditulis lengkap dengan nama jalan dan nomor (institusi, Gedung), kode pos, nomor telepon, nomor faksimili (jika ada), dan alamat email. Untuk manuskrip yang ditulis berkelompok (tim), satu penulis ditentukan sebagai penulis korespondensi. Halaman pertama manuskrip digunakan untuk menulis informasi di atas.

Abstrak. tidak boleh lebih dari 300 kata. Sertakan antara lima dan delapan Kata Kunci, misalnya nama ilmiah dan nama lokal (jika ada) organisme, tema penelitian, dan metode khusus yang digunakan; dan diurutkan dari A sampai Z. Hindari memasukkan kata kunci yang sudah disebutkan pada kalimat judul artikel. Semua singkatan penting harus didefinisikan pada penyebutan pertama mereka. Pendahuluan, sekitar 400-800 kata, meliputi latar belakang dan tujuan penelitian. Metode Riset, harus menekankan pada prosedur dan analisis data. Hasil dan Pembahasan, harus ditulis sebagai rangkaian kalimat penghubung, bagaimanapun, untuk manuskrip dengan diskusi panjang harus dibagi menjadi sub judul. Pembahasan menyeluruh mewakili efek kausal terutama menjelaskan mengapa dan bagaimana hasil dari penelitian dilakukan, dan tidak hanya mengungkapkan kembali hasil yang disebutkan dalam bentuk kalimat. Kesimpulan, harus diberikan di akhir diskusi. Persantunan, diungkapkan secara singkat; semua sumber dukungan keuangan institusional, swasta dan perusahaan untuk pelaksanaan riset, penyusunan artikel, dan pembiayaan lain harus sepenuhnya disebutkan, dan setiap potensi konflik kepentingan harus dicatat.

Gambar dan Tabel. maksimal tiga halaman harus disajikan dengan jelas. Sertakan label informasi di bawah setiap gambar, dan label informasi di atas setiap tabel (lihat contoh fomat/template). Jika tabel lebih dari tiga halaman, dapat dimasukkan sebagai lampiran. Tabel tidak boleh disematkan dalam format gambar. Tabel dapat dikirimkan terpisah sebagai file .xls atau .xlsx (Microsof Excel). Gambar berwarna hanya dapat diterima jika informasi dalam manuskrip dapat hilang tanpa gambar-gambar itu; grafik lebih disukai menggunakan gambar hitam putih. Penulis dapat mengirimkan gambar atau foto apa pun untuk rujukan sampul depan Jurnal Oase Nusantara, meski tidak dimasukkan dalam manuskrip. Pengiriman gambar terpisah dapat dilakukan melalui email atau drive daring jika ukuran file besar. File gambar yang bisa diterima diantaranya adalah format .jpeg, .TIFF, atau .png. Semua gambar milik orang lain harus disebutkan sumbernya.

Pustaka. dalam tubuh teks, berikan nama belakang penulis diikuti tahun publikasi dan urutkan dari yang terlama ke yang terbaru dan dari A sampai Z. Pengutipan artikel yang ditulis oleh dua penulis, keduanya harus disebutkan, namun, untuk tiga dan lebih penulis hanya penulis pertama yang disebutkan diikuti oleh et al., (tanpa cetak miring/italic), contoh: (Hooper, 2002), (Putra & Waqif, 2022), (Rumaida et al., 2021) atau (Azhar, 2021; de Voogd et al., 2006b, 2006a; Widyaswari & Irlidiya, 2019). Cakupan kutipan seperti yang ditunjukkan dengan kata "dalam" harus dihindari. Referensi untuk data yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak boleh muncul dalam Daftar Pustaka tetapi harus dikutip dalam tubuh tulisan saja (misalnya, Rifai, M.A., 2007, pers. com. (komunikasi pribadi); Setyawan, A.D., 2007, data tidak dipublikasikan). Sumber dari anonim atau informasi bersifat blog pribadi atau Wikipedia untuk dapat dihindari pengutipannya. Daftar Pustaka, referensi harus dicantumkan dalam urutan abjad. Nama-nama jurnal tidak disingkat. Selalu gunakan singkatan standar jurnal nama sesuai dengan ISSN. Harap sertakan tautan DOI (jika ada) untuk makalah jurnal. Penggunaan aplikasi pengelola Pustaka lebih disarankan (e.g., Mendeley, Endnote, Zotero, dan sebagainya). Gaya Pustaka mengikuti APA 7th style (American Psychological Association 7th edition).

Contoh berikut adalah untuk panduan:

Jurnal:

de Voogd, N. J., Cleary, D., Hoeksema, B., Noor, A., and van Soest, R. (2006a). Sponge beta diversity in the Spermonde Archipelago, SW Sulawesi, Indonesia. Marine Ecology Progress Series 309: 131–142. doi:10.3354/meps309131.

Putra, S., & Waqif, A. (2022). Penguatan literasi ilmiah tenaga pendidik Indonesia. Jurnal Oase Nusantara 1(1): 1-4. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/2

Rumaida, M. Y., Putra, S. A., Mulyadi, A., and Nasution, S. (2021). Nesting habitat characteristics of green sea turtle (Chelonia mydas) in the Tambelan archipelago, Indonesia. Journal of Coastal Conservation 25(6): 1-8. doi:10.1007/s11852-021-00798-4.

 

Buku:

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H., & Krathwohl, D.R. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook 1: Cognitive domain. New York: David McKay. 403 halaman.

 

Bab dalam buku (book chapter):

Hooper, J. N. A. (2002). “Family Microcionidae Carter, 1875,” in Systema Porifera: A Guide to the Classification of Sponges, eds. J. N. A. Hooper and R. W. M. van Soest (New York: Kluwer Academic/Plenum Publisher), 432–468.

 

Prosiding Konferensi/Simposium:

Hoeksema, B. W. (1988). Mobility of free-living fungiid corals (Scleractinia), a dispersion mechanism and survival strategy in dynamic reef habitats. in Proceedings of the 6th International Coral Reef Symposium Vol 2, eds. J. H. Choat, D. Barnes, M. Borowitzka, J. C. Coll, P. J. Davies, P. Flood, et al. (Townsville: International Coral Reef Society), 715–720.

 

Tesis/Disertasi:

Putra, S.A. (2014) Kolonisasi komunitas karang di Cagar Alam Kepulauan Krakatau, dan implikasi pengelolaanya. [Tesis] Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. 111 halaman.