https://ejurnal.kptk.or.id/oase/issue/feedJurnal Oase Nusantara2025-05-22T14:28:45+07:00Singgih Afifa Putrasinggihafifa@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Oase Nusantara menerima manuskrip hasil kajian multidisipliner ilmu pendidikan, pelatihan, dan riset di bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi.</p>https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/57Peningkatan pemahaman dan kepedulian lingkungan siswa melalui edukasi konservasi berbasis <i>experiential learning</i> di SMAN 12 Kota Jambi2025-05-15T13:41:35+07:00Hanifah Nur'ainihanifahnuraini1412@gmail.comBakti MandalaBb.mandala@gmail.comHafizah NahlunnisaHafizah.nahlunnisa@unja.ac.idBeti Septiana Darsonobeti.darsono@unja.ac.idFemei Rahmilijafemei.rahmilija@unja.ac.id<p>Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks menuntut pening-katan kesadaran dan partisipasi masyarakat, termasuk generasi muda, dalam upaya pelestarian alam. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peduli lingkungan sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian siswa terhadap isu-isu lingkungan melalui sosialisasi dan aksi konservasi di SMAN 12 Kota Jambi. Sebanyak 29 siswa dari kelas X, XI, dan XII terlibat dalam kegiatan ini. Metode yang digunakan mengacu pada pendekatan experiential learning dan penyuluhan berbasis ekoliterasi. Rang-kaian kegiatan meliputi pre-test, pe-nyampaian materi secara interaktif, pemutaran video edukatif, diskusi, kuis, praktik penanaman pohon, dan post-test. Materi yang disampaikan mencakup isu kerusakan lingkungan, manfaat pohon dan hutan, serta peran satwa dan tumbuhan dalam ekosistem. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pema-haman siswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan setelah mengikuti kegiatan. Selain peningkatan aspek kognitif, kegiatan ini juga mendorong sikap dan aksi nyata siswa dalam mendukung konservasi lingkungan, seperti penanaman pohon dan pengelolaan taman sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukatif-partisipatif yang diterapkan mampu menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan siswa. Penguatan edukasi lingkungan di se-kolah diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pembentukan gene-rasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan alam.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/61Sosialisasi kelestarian alam dan aksi penanaman dengan teknik silvikultur di lingkungan SMAN 12 Kota Jambi2025-05-17T14:28:44+07:00Fawwaz DinantyFawwazdnty00@gmail.comAnisatul Farikhahnisafarikhah@gmail.comDian Nisyadiannisya97@gmail.comWahyu Nazri Yandiwahyunazriyandi@unja.ac.idDoani Anggi Safiradoani2402@unja.ac.id<p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan melalui sosialisasi dan aksi penanaman pohon dengan teknik silvikultur. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 12 Kota Jambi dengan melibatkan 29 peserta siswa. Metode yang digunakan mencakup pretest, sosialisasi, diskusi interaktif, pemutaran video edukatif, posttest, serta praktik penanaman pohon secara langsung. Materi yang disampaikan mencakup fungsi pohon, dampak kerusakan lingkungan, serta teknik penanaman yang ramah lingkungan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta sebesar 33% berdasarkan perbandingan hasil <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Kegiatan ini berhasil menumbuhkan pemahaman dan sikap peduli terhadap lingkungan pada diri peserta, serta memperkuat karakter gotong royong dalam menjaga kelestarian alam di lingkungan sekolah. Partisipasi aktif siswa dalam praktik penanaman menunjukkan bahwa pendekatan edukatif berbasis pengalaman nyata efektif dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/55Pengembangan media pembelajaran <i>PowerPoint</i> interaktif pada materi nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia2025-05-22T14:28:45+07:00Infantri Yunus Brawijayainfantriyb@gmail.comRista Ayu Mawartiristaayumawarti@gmail.com<p>Tingginya penggunaan media pembel-ajaran konvensional dan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembel-ajaran era digital harus diperhatikan oleh guru menjadi latar belakang utama dalam kajian ini, terutama materi Nilai-Nilai Pancasila pada penyeleng-garaan pemerintahan dikarenakan media pembelajaran yang digunakan selama ini cenderung konvensional. Tujuan kajian ini ialah menghasilkan produk dan kevalidan media pembel-ajaran <em>PowerPoint</em> interaktif guna memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang diterapkan ialah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu <em>define, design, development, & disseminate</em>. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil produk media pembelajaran <em>PowerPoint </em>Interaktif yang dihasilkan memenuhi syarat kategori valid untuk digunakan 2) Hasil uji kevalidan yang meliputi uji ahli materi menujukan (91%), Ahli media (100%), dan calon pengguna (98%), Serta pengujian ke-praktisan dengan melibatkan 175 peserta didik menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan rata-rata skor an-tara 92,59% hingga 95,27%, yang mengidentifikasi bahwa media ini sangat mudah digunakan, sesuai de-ngan materi, menarik, dan memiliki tingkat interaktivitas yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa, media <em>PowerPoint </em>Interaktif yang telah dikembangkan memenuhi standar kepraktisan yang diinginkan.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/56Evaluasi kualitas air di Situ Sigura-Gura, wilayah urban DKI Jakarta2025-03-05T13:14:17+07:00Helmy Akbarhelmy.akbar@apps.ipb.ac.idYudi Setiawanyudi@ipb.ac.idLiyantono Liyantonoliyantono@ipb.ac.idHefni Effendihefni@ipb.ac.idBagus Amalrullah Utomobagus@ipb.ac.idMuhammad Isnan Zuhriisnan@gmail.comRiski Meidizariski@ipb.ac.idGilang Munggarangilang@ipb.ac.idWiwid Arif Pambudiwiwid@ipb.ac.idMarfian Dwidima Putramarfian@ipb.ac.idSetyo Pambudi Nugrohosetyo@ipb.ac.idAsep Kuswantoasep@gmail.comRahmawati Rahmawatirahmawati@gmail.comYusiono Supalalyuisono@gmail.comErni Pelita Fitratunnisaerni@gmail.comMustika Pusparinimustika@gmail.comYudith Sarungguyudith@gmail.comNofi Rahmawatinofi@gmail.comArnold Arnoldarnold@gmail.comMartha Solindamartha@gmail.comZaenal Abidinzaenal@gmail.com<p>Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas air di Situ Sigura-Gura, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, yang merupakan badan air buatan dengan peran strategis dalam penyediaan air dan pengendalian ekosistem lokal di wilayah perkotaan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya tekanan pencemaran akibat urbanisasi, limbah domestik, dan aktivitas industri yang berpotensi mengganggu fungsi ekosistem dan kesehatan masyarakat. Pengambilan sampel dilakukan pada dua periode berbeda (musim kemarau dan hujan) pada tahun 2021 dengan pengukuran 39 parameter fisika, kimia, dan mikrobiologi melalui metode <em>in situ</em> dan <em>ex situ</em>. Analisis kualitas air dilakukan dengan merujuk pada standar baku mutu air kelas 2 dan menggunakan pendekatan metode STORET serta perhitungan Indeks Pencemar (IP). Hasil pengukuran menunjukkan adanya penurunan kualitas air secara signifikan dari titik <em>inlet</em> menuju <em>outlet</em>. Parameter seperti <em>Total Suspended Solids</em> (TSS), <em>Biochemical Oxygen Demand</em> (BOD), dan <em>Chemical Oxygen Demand</em> (COD) meningkat melebihi ambang batas, sedangkan kadar Oksigen Terlarut (DO) menurun pada titik outlet. Analisis tambahan melalui perbandingan rasio <em>Ci/Lij </em>mengindikasikan bahwa beberapa parameter, antara lain TSS, BOD, COD, klorin bebas, hidrogen sulfida, dan bakteri coli, menunjukkan nilai pencemaran yang melebihi ambang batas, sehingga status mutu air di <em>inlet</em> dikategorikan sebagai "Cemar Ringan" sedangkan di <em>outlet</em> sebagai "Cemar Berat". Rasio BOD/COD yang rendah mengindikasikan dominasi bahan organik <em>non-biodegradable</em> dalam sistem perairan. Hasil ini sejalan dengan penelitian lain yang mengaitkan peningkatan beban pencemar dengan dampak negatif aktivitas manusia terhadap badan air buatan. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur pengolahan limbah, pengendalian erosi, dan <em>monitoring</em> kualitas air secara berkala merupakan langkah strategis untuk pemulihan dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan di masa mendatang.</p>2024-10-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/54Penguatan praktik kerja industri berbasis masyarakat untuk kesiapan lulusan SMK2025-02-25T13:09:05+07:00Abdul Waqifwaqiflp3tk@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang implementasi pembelajaran berbasis industri di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta merumuskan strategi penguatan kompetensi dan karakter peserta didik melalui pendekatan yang lebih adaptif dan kontekstual. Fokus penelitian ini adalah pada pengembangan model Praktik Kerja Lapangan Terintegrasi Pemberdayaan Masyarakat yang melibatkan berbagai pihak, termasuk SMK, dunia industri, dan masyarakat. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya pemenuhan kebutuhan pembelajaran berbasis industri, dengan analisis yang dilakukan di SMK Negeri 9 Makassar dan SMK Negeri 5 Gowa yang menunjukkan adanya kesenjangan pada dimensi sarana prasarana dan kemitraan dengan dunia industri. Inovasi pembelajaran dilakukan untuk memperbaiki kondisi ini, dengan melibatkan kemitraan antara SMK, dunia usaha, dan pemerintah desa untuk memperkuat hubungan antara pendidikan dan industri. Model pembelajaran inovatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK dengan mengintegrasikan pemberdayaan masyarakat lokal, memperkuat keterampilan teknis (<em>hard skills</em>) dan non-teknis (<em>soft skills</em>) yang relevan dengan kebutuhan lokal serta mendukung peningkatan daya saing lulusan di dunia kerja.</p>2024-10-28T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##