Peningkatan pemahaman dan kepedulian lingkungan siswa melalui edukasi konservasi berbasis <i>experiential learning</i> di SMAN 12 Kota Jambi
Abstract
Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks menuntut pening-katan kesadaran dan partisipasi masyarakat, termasuk generasi muda, dalam upaya pelestarian alam. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peduli lingkungan sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian siswa terhadap isu-isu lingkungan melalui sosialisasi dan aksi konservasi di SMAN 12 Kota Jambi. Sebanyak 29 siswa dari kelas X, XI, dan XII terlibat dalam kegiatan ini. Metode yang digunakan mengacu pada pendekatan experiential learning dan penyuluhan berbasis ekoliterasi. Rang-kaian kegiatan meliputi pre-test, pe-nyampaian materi secara interaktif, pemutaran video edukatif, diskusi, kuis, praktik penanaman pohon, dan post-test. Materi yang disampaikan mencakup isu kerusakan lingkungan, manfaat pohon dan hutan, serta peran satwa dan tumbuhan dalam ekosistem. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pema-haman siswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan setelah mengikuti kegiatan. Selain peningkatan aspek kognitif, kegiatan ini juga mendorong sikap dan aksi nyata siswa dalam mendukung konservasi lingkungan, seperti penanaman pohon dan pengelolaan taman sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukatif-partisipatif yang diterapkan mampu menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan siswa. Penguatan edukasi lingkungan di se-kolah diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pembentukan gene-rasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan alam.
References
Damanik, F. (2014). Kajian Komposisi Jalur Hijau Jalan di Kota Yogyakarta Terhadap Penjerapan Polutan Timbal (Pb). Planta Tropika: Journal of Agro Science, 2(2), 81-89. https://doi.org/10.18196/pt.2014.027
Jufri, Fua, J. La, & Nurlila, R. U. (2018). Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga Kota Kendari. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 11(2). 164-181.
Jumrawarsi, J., Wati, S. O., & Fitria, F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1031-1042.
Kospa, H. S. D., Hanani, A. D., Mutaqin, Z., & Imron, I. (2020). Penyuluhan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Upaya Peningkatan Ekoliterasi Sekolah Berbasis Creative Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(2), 145-148. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i2.56
Lienggoregoro, L. A., & Kharirie. (2020). Daun Sirsak (Annona muricata) dan Potensinya sebagai Anti Kanker. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 6(1), 653-657. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m060128
Morris, T. H. (2020). Experiential learning–a systematic review and revision of Kolb’s model. Interactive Learning Environments 28(8), 1064-1077. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1570279
Saliman, F., & Setyobudi. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 5(1). 1-20.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarsih, S., Suseno, H. P., & Fajri, M. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Serapan Pb dalam Partikulat oleh Pohon Tanjung (Mimusops elengi) dan Pohon Bungur (Lagerstroemia) (Studi Kasus di Jalan Timoho Yogyakarta). Jurnal Teknologi Technoscientia, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v14i1.3258
Sutrisno, A. J., Diandasari, G., & Rahmandari, A. V. (2020). Kapasitas Pohon Nyamplung (Calophyllum inophyllum L.) dan Pohon Spathodea (Spathodea campanulata) dalam Menjerap Debu. Jurnal Planologi, 17(1), 88-95. https://doi.org/10.30659/jpsa.v17i1.5197
Syukron, A. (2018). Ekoliterasi : Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Lingkungan. Prosiding : Eks-plorasi Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa Timuran Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Ekologi, 4, 61-70.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya). Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093
Widyastuti, D. A., Nurdyansyah, F., & Nurdyansyah, F. (2019). Mini Review: Ekstrak Sirsak (Annona muricata Linn.) untuk Terapi Kanker. Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian, 2(2). 155-161. https://doi.org/10.26877/jiphp.v2i2.3211

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.