Peningkatan ketrampilan peserta didik dalam pemanfaatan koneksi wired and wireless menggunakan metode problem-based learning
Abstract
Tujuan utama penulisan artikel ini adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas berkaitan dengan peningkatan ketrampilan peserta didik dalam hal mempraktikan interaksi dua atau lebih perangkat yang berbeda dengan memfokuskan pada materi koneksi wired and wireless. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode problem-based learning (PBL) dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik dalam dalam hal pemanfaatan koneksi wired and wirless untuk mengendalikan perangkat komputer yang berbeda. Penulisan artikel juga dimaksudkan untuk mengukur apakah metode PBL dapat meningkatkan ketram-pilan peserta didik dalam pemanfaatan koneksi wired and wireless, untuk meme-cahkan masalah, apakah PBL dapat memudahkan peserta didik dalam menyele-saikan masalah pembelajaran Informatika. Sehingga metode tersebut dirasa dapat berguna bagi guru dalam pengembangan kompetensi pedagogiknya. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan untuk menjelaskan hardware, software dan brainware. Siklus kedua mempraktikan interaksi dua atau lebih perangkat yang berbeda. Setelah pembelajaran dengan metode PBL dilak-sanakan, ketrampilan peserta didik diukur untuk mengetahui tingkat penguasaan kemampuan peserta didik dalam pemanfaatan koneksi wired and wirless. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang belum menguasai pemanfaatan koneksi wired and wireless untuk mengendalikan perangkat yang berbeda.