Pengembangan e-learning informatika dengan pendekatan blended learning melalui model Revo 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning pada mata pelajaran Informatika dengan menggunakan pendekatan blended learning dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan penilainnya serta menggunakan model Revo 4.0 untuk meningkatkan ketercapaian kompetensi dan integrasi kecakapan abad 21 pada peserta didik. Motodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki 5 tahapan kegiatan yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan studi dokumen. E-learning Informatika yang dikembangkan dengan mengemas pendekatan campuran (blended learning) antara tatap muka dan daring (online) serta penggunaan model Revo 4.0 yakni dengan menggabungan flipped learning, STEAM, dan multi leaarning pathway terbukti dapat meningkatkan ketercapaian kompetensi peserta didik khususnya pada ranah keterampilan. E-learning ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bentuk program remedial dan pengayaan bagi peserta didik.