Pengembangan e-learning informatika dengan pendekatan blended learning melalui model Revo 4.0

  • Fathur Rachim SMA Negeri 10 Samarinda, Jl. Ahim No.55, Sempaja Sel., Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, 75243
Keywords: flipped classroom, kompetensi, multi learning pathway, pembelajaran daring, STEAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning pada mata pelajaran Informatika dengan menggunakan pendekatan blended learning dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan penilainnya serta menggunakan model Revo 4.0 untuk meningkatkan ketercapaian kompetensi dan integrasi kecakapan abad 21 pada peserta didik. Motodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki 5 tahapan kegiatan yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan studi dokumen. E-learning Informatika yang dikembangkan dengan mengemas pendekatan campuran (blended learning) antara tatap muka dan daring (online) serta penggunaan model Revo 4.0 yakni dengan menggabungan flipped learning, STEAM, dan multi leaarning pathway terbukti dapat meningkatkan ketercapaian kompetensi peserta didik khususnya pada ranah keterampilan. E-learning ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bentuk program remedial dan pengayaan bagi peserta didik.

Published
2022-04-01
How to Cite
Rachim, F. (2022). Pengembangan e-learning informatika dengan pendekatan blended learning melalui model Revo 4.0. Jurnal Oase Nusantara, 1(1), 35-43. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/7
Section
Articles