Implementasi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran informatika di SMAN 3 Gorontalo Utara

  • Zulkifli Adam SMA Negeri 3 Gorontalo Utara, Pinontoyonga, Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, 96253
Keywords: model pembelajaran, STAD, teknologi, implementasi pembelajaran

Abstract

Pembelajaran informatika, selain memerlukan sarana dan prasarana yang menunjang, perlu juga dirancang suatu cara yang efektif dan menyenangkan dalam memacu prestasi peserta didik secara keseluruhan, bukan hanya secara individual. Dengan memperhatikan keluasan materi, maka pembelajaran kooperatif merupakan teknik yang sesuai dalam pembelajaran informatika, khususnya pada kompetensi dasar menjelaskan komponen jaringan komputer dan mekanisme yang terjadi dalam sebuah jaringan. Pembelajaran kooperatif sangat kondusif untuk mengembangkan hubungan antar peserta didik yang heterogen di tengah santernya isu pluralisme, mengingat letak geografis SMA Negeri 3 Gorontalo Utara berada di perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Utara, di mana masyarakatnya terdiri dari beberapa suku, agama, dan budaya yang berbeda. Oleh karena itu, pembelajaran informatika di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara perlu menerapkan pembelajaran kooperatif metode Student Team Achievement Division (STAD) sebagai alternatif metode yang dirancang sebagai implementasi pembelajaran.

Published
2022-04-01
How to Cite
Adam, Z. (2022). Implementasi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran informatika di SMAN 3 Gorontalo Utara. Jurnal Oase Nusantara, 1(1), 31-34. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/6
Section
Articles