Implementasi berpikir tingkat tinggi melalui konsep papan dan buah catur pada mata pelajaran informatika

  • Milasari Milasari SMP Negeri 1 Astambul, Tambak Baru Ilir, Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, 70671
Keywords: algoritma, komputer, keterampilan, model pembelajaran, pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan atau mengimplementasikan peserta didik berpikir tingkat tinggi (higher-order thingking skills) atau HOTS pada materi algoritma mapel informatika melalui konsep papan dan buah catur. Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah pengusaan konsep papan dan buah catur dengan langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Karakteristik algoritma tertata dengan baik, langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas, operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi dengan penyederhanaan lebih lanjut. Penelitian ini bahwa peserta didik mampu berpikir HOTS dengan konsep papan dan buah catur pada materi Algoritma Informatika.

Published
2022-04-01
How to Cite
Milasari, M. (2022). Implementasi berpikir tingkat tinggi melalui konsep papan dan buah catur pada mata pelajaran informatika. Jurnal Oase Nusantara, 1(1), 5-13. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/5
Section
Articles