Pengembangan media pembelajaran <i>PowerPoint</i> interaktif pada materi nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia
Abstract
Tingginya penggunaan media pembel-ajaran konvensional dan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembel-ajaran era digital harus diperhatikan oleh guru menjadi latar belakang utama dalam kajian ini, terutama materi Nilai-Nilai Pancasila pada penyeleng-garaan pemerintahan dikarenakan media pembelajaran yang digunakan selama ini cenderung konvensional. Tujuan kajian ini ialah menghasilkan produk dan kevalidan media pembel-ajaran PowerPoint interaktif guna memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang diterapkan ialah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, development, & disseminate. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil produk media pembelajaran PowerPoint Interaktif yang dihasilkan memenuhi syarat kategori valid untuk digunakan 2) Hasil uji kevalidan yang meliputi uji ahli materi menujukan (91%), Ahli media (100%), dan calon pengguna (98%), Serta pengujian ke-praktisan dengan melibatkan 175 peserta didik menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan rata-rata skor an-tara 92,59% hingga 95,27%, yang mengidentifikasi bahwa media ini sangat mudah digunakan, sesuai de-ngan materi, menarik, dan memiliki tingkat interaktivitas yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa, media PowerPoint Interaktif yang telah dikembangkan memenuhi standar kepraktisan yang diinginkan.
References
Hanim, F., Amirudin, A., & Sumarmi. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 752–757.
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media PowerPoint Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i2.2207
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718-734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515
Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan: Perspektif Praktis untuk Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Media Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prayoga, T., Suharto, Y., & Taryana, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran literasi digital interaktif pada materi persebaran flora dan fauna. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(9), 816-830. https:// doi.org/10.17977/um063v2i9p816-830
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito, D. (2019). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Raja Grafindo.
Sukardi, S. (2018). Pancasila sebagai Dasar Negara: Relevansi dan Implementasi dalam Kehidupan Berbangsa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. [unknown publisher]. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/341990674_Buku_Literasi_ Digital_Riset_dan_Perkembangannya_dalam_Perspektif_Social_Studies_ oleh_Feri_Sulianta
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. S., & Semmel, M.I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloominton: Indiana University.
Tubagus, M. (2022). Media Pembelajaran Online. Manado: IAIN Manado Press.
Wulandari, Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguat Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.
Wulandari, E. (2022). PowerPoint hybrid learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.