Pengembangan media pembelajaran <i>PowerPoint</i> interaktif pada materi nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia

  • Infantri Yunus Brawijaya Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5, Malang 65145, Jawa Timur, Indonesia
  • Rista Ayu Mawarti Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5, Malang 65145, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: 4D, kepraktisan, media pembelajaran, Nilai-Nilai Pancasila, PPKn, validitas

Abstract

Tingginya penggunaan media pembel-ajaran konvensional dan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pembel-ajaran era digital harus diperhatikan oleh guru menjadi latar belakang utama dalam kajian ini, terutama materi Nilai-Nilai Pancasila pada penyeleng-garaan pemerintahan dikarenakan media pembelajaran yang digunakan selama ini cenderung konvensional. Tujuan kajian ini ialah menghasilkan produk dan kevalidan media pembel-ajaran PowerPoint interaktif guna memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang diterapkan ialah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, development, & disseminate. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil produk media pembelajaran PowerPoint Interaktif yang dihasilkan memenuhi syarat kategori valid untuk digunakan 2)  Hasil uji kevalidan yang meliputi uji ahli materi menujukan (91%), Ahli media (100%),  dan calon pengguna (98%), Serta pengujian ke-praktisan dengan melibatkan 175 peserta didik menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan rata-rata skor an-tara 92,59% hingga 95,27%, yang mengidentifikasi bahwa media ini sangat mudah digunakan, sesuai de-ngan materi, menarik, dan memiliki tingkat interaktivitas yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa, media PowerPoint Interaktif yang telah dikembangkan memenuhi standar kepraktisan yang diinginkan.

References

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Hanim, F., Amirudin, A., & Sumarmi. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 752–757.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media PowerPoint Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i2.2207

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718-734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan: Perspektif Praktis untuk Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Media Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prayoga, T., Suharto, Y., & Taryana, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran literasi digital interaktif pada materi persebaran flora dan fauna. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(9), 816-830. https:// doi.org/10.17977/um063v2i9p816-830

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito, D. (2019). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Raja Grafindo.

Sukardi, S. (2018). Pancasila sebagai Dasar Negara: Relevansi dan Implementasi dalam Kehidupan Berbangsa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sulianta, F. (2020). Literasi Digital Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. [unknown publisher]. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/341990674_Buku_Literasi_ Digital_Riset_dan_Perkembangannya_dalam_Perspektif_Social_Studies_ oleh_Feri_Sulianta

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. S., & Semmel, M.I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloominton: Indiana University.

Tubagus, M. (2022). Media Pembelajaran Online. Manado: IAIN Manado Press.

Wulandari, Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguat Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.

Wulandari, E. (2022). PowerPoint hybrid learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.
Published
2025-04-30
How to Cite
Brawijaya, I., & Mawarti, R. (2025). Pengembangan media pembelajaran <i>PowerPoint</i&gt; interaktif pada materi nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia. Jurnal Oase Nusantara, 4(1), 11-18. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/55
Section
Articles