Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kurikulum Merdeka pada materi hazard analysis and critical control point di sekolah kejuruan

  • Fath Fadhilah Wardiwira SMKN 1 Mundu, Jl. Kalijaga No.1, Mundupesisir, Kec. Mundu, Kota Cirebon, Jawa Barat 45173
Keywords: HACCP, keamanan pangan, merdeka belajar, model pembelajaran, vokasi

Abstract

Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) memainkan peran penting dalam menyediakan tenaga kerja berkualifikasi untuk industri pangan, terutama dalam konteks keamanan pangan. Artikel ini menyoroti urgensi strategi pembelajaran yang efektif, khususnya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, yang mampu mengakomodasi kebutuhan individual siswa dengan lebih baik. Dalam konteks Kurikulum Merdeka yang memberikan kebebasan lebih kepada sekolah untuk merancang kurikulum mereka, penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadi relevan dan sangat penting. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi, kita dapat mengidentifikasi potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK dan membantu siswa menguasai HACCP dengan lebih efektif. Kesimpulannya, pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap HACCP, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan, mendukung peningkatan keberhasilan siswa, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di industri agribisnis pengolahan hasil perikanan yang semakin kompleks dengan fokus pada keamanan pangan.

References

Alhafiz N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(8), 1–14.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Idamayanti, R., Nurhidayah, & Ashar. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan KepulauanKepulauan. Seminar Nasional Paedagoria, Universitas Muhammadiyah Mataram, 16 Agustus 2022, Vol 2, halaman 75–83.

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. 189 halaman.

Laia, I.S.A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E.N., Tumanggor, R.M., Silaban, B. (2013). Pengaruh Strategi pembelajar Berdiferesiasi Peserta didik SMA Negeri Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 12–26.

Magdalena, A. N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(1), 1-8.

Mahfud MS. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Naibaho, P.D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150

Puspitasari, I., & Wibawa, S. H. (2022). Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas, 1: 111-119.

Rahayu, F. F., Shafira, I., Avivi, A. A., Saptariana, M., Purnama, A., Profesi, P., Prajabatan, G., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 244–250.

Sadek, N.F. (2010). Penerapan sistem HACCP (hazard analysis critical control point) pada warung tegal dan pembuatan modul pelatihannya sebagai salah satu bentuk CSR (corporate social responsibility) PT Bintang Toedjoe Jakarta. (Skripsi) Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Simanjuntak, S.S., Listiani, T. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 134-141. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p134-141

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Sutrisno, H., & Subandijah, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, 27 Juni 2023. Hal 2517-2527.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Usman, U., Lestari, I. D., Alfianisya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisfiyah, L., Permata Aries, N. A., & Oktatira, R. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 32–36. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432

Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang SD. Kwangsan, 7(2), 296–311.
Published
2023-12-31
How to Cite
Wardiwira, F. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kurikulum Merdeka pada materi hazard analysis and critical control point di sekolah kejuruan. Jurnal Oase Nusantara, 2(2), 87-92. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/33
Section
Review