Strategi penggunaan chatbot artificial intelligence dalam pembelajaran Bahasa Arab pada perguruan tinggi di Indonesia

  • Abdul Rahman Ramadhan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi'i Jember, Jl. MH. Thamrin, Gg. Kepodang No.5, Gladak Pakem, Kranjingan, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68123
Keywords: chatGPT, inovasi, kecerdasan buatan, strategi, pedagogi

Abstract

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam bidang pendidikan semakin menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu aspek AI yang menonjol adalah chatbot, sebuah program komputer yang dirancang untuk berkomunikasi dengan manusia melalui percakapan seperti halnya berbicara dengan manusia lainnya. Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi, chatbot AI menawarkan potensi untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan mengatasi tantangan yang sering dihadapi dalam mengajar dan mempelajari bahasa Arab. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peluang dan tantangan penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka sebagai alat pengumpulan data. Chatbot AI mampu menjadi alat interaktif yang mendukung pemahaman dan keterampilan berbahasa Arab, membuka peluang inovasi dalam metode pembelajaran yang lebih adaptif dan efektif. Melalui pembelajaran berbasis teknologi, Qawaid Tarjamah, maharah, pendekatan komunikatif, dan evaluasi, chatbot AI mampu memberikan respons instan, memberikan latihan yang variatif, dan memberikan umpan balik mendalam yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berbahasa Arab mereka secara mandiri. Penerapan chatbot AI pada perguruan tinggi dapat menghadirkan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis, berinteraksi, dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa dalam menguasai bahasa Arab. Meskipun chatbot AI menawarkan potensi untuk meningkatkan efisiensi dan interaktivitas dalam proses pembelajaran, terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar penerapannya dapat berjalan dengan optimal, seperti kurangnya kemampuan dosen terhadap teknologi, keterbatasan media teknologi, keterbatasan penggunaan teknologi bagi mahasiswa, tidak terciptanya lingkungan bahasa arab di tengah mahasiswa serta tantangan dalam pembelajaran kemahiran berbahasa arab secara online. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baru pada literatur tentang penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan bahasa Arab serta membuka peluang baru untuk penggunaan teknologi AI dalam konteks pendidikan.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press. 152 halaman.

Albantani, A. M., Fauziah, A. U., & Sumiantia, I. (2020). Perkembangan Kosakata Bahasa Arab Melalui Isytiqāq. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 3(2), 125-138. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v3i2.26243

Anonim (2021). Berapa Banyak Orang Berbicara Bahasa Arab di Dunia? Jakarta Islamic Centre. Retrieved from: https://islamic-center.or.id/berapa-banyak-orang-berbicara-bahasa-arab-di-dunia/

el Banjary, M. (2019). Inilah Kelebihan Bahasa Arab Dibanding Bahasa Lainnya yang Ada di Dunia. SINDOnews. Retrieved from: https://daerah.sindonews.com/artikel/sumut/4546/inilah-kelebihan-bahasa-arab-dibanding-bahasa-lainnya-yang-ada-di-dunia

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hidayat, A., & Rahmah, S. N. (2020). Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 47-55. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575

Humairoh, Faiqoh, A., Hendra, F. (2018) Motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Arab antara harapan dan tantangan: studi kasus mahasiswa prodi Sastra Arab, Universitas Al Azhar Indonesia. Prosiding Konfer-ensi Nasional Bahasa Arab IV, Malang, 6 Oktober 2018, (4), 378-387.

Karuru, P. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.47178/jkip.v2i1.149

Latif, A., Shiddiq, J., Hidayat, A. F. S., Mahdi, R., & Amin, I. (2022). Keutamaan Aspek Linguistik Bahasa Arab Menurut Pemiikiran Ibnu Katsir. Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 5(1), 42-55. https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.17627

Muhammad, A. (2005). Beberapa Aspek Keunikan Dan Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran. Sains Humanika, 42(1): 61-76.

Munip, A. (2019). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 301-316. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08

Muradi, A. (2013). تطوير مادة مهارة الكتاب للمستوى الجامعي في ضوء المدخل الإتصالي (بالتطبيق على طلبة جامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين إندونسيا). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:149100194

Nurdianto, T. (2020). Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah ‘Ala Dlau al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak Li Ta’lim al-Lughat fi al-Jami’at al-Muhammadiyah Bi Indunisia: Al-Furash wa al-Tahadiiyat. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 42-50. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.9772

Permata, B. A. (2018). مشكلات تعلیم الكتابة على المستوى الجامعي وعلاجھا. Asalibuna. 1(2), 1-12. https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.826

Ritonga, A. M., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate, Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3272-3280

Rurohman, K. (2008). تنمية مهارة الكلام باستخدام النصوص التي تستوعن الموافق اليومية المرحلة الثنوية بإندونسيا نموذجا [tidak dipub-likasikan] Tesis Master, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Salida, A., & Zulpina, Z. (2023). Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah. Jurnal Sathar, 1(1), 23–33.

Salshabila, N., Nadhifa, V., & Hendra, F. (2020). Tantangan dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab Secara Online Mahasiswa Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab Universitas Al Azhar Indonesia, التحديات التي يواجهها الطلاب قسم اللغة والثقافة العربية بجامعة الأزهر الإندونيسيا في تعلم مهارات اللغوية عبر الإنترنت. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 492-506.

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten dan Analisa Tematik dalam Penelitian Kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1), 77-84.

Suaibah, L. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Intensif di Universitas Trunojoyo Madura. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, Malang, 15 Oktober 2016, 72-78.

Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2573

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 546 halaman.

Sugiyono. (2022). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 234 halaman.

Windiarti, I. S., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46-52. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4344
Published
2023-12-08
How to Cite
Ramadhan, A. (2023). Strategi penggunaan chatbot artificial intelligence dalam pembelajaran Bahasa Arab pada perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Oase Nusantara, 2(2), 77-86. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/32
Section
Articles