Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Makassar

  • Reni Jauhariningsih SMA Negeri 5 Makassar, Jl. Taman Makam Pahlawan No.4, Tello Baru, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Keywords: learning management system, metode pengajaran, pedagogi, peserta didik

Abstract

Pemilihan model pembelajaran inovatif seperti Flipped Classrom diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Flipped Classroom merupakan model pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya peserta didik mempelajari terlebih dahulu materi pelajaran di rumah sebelum kelas dimulai. Selanjutnya kegiatan pembelajaran di kelas berupa mengerjakan tugas, berdiskusi tentang materi atau masalah yang belum dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan asam-basa (Mata Pelajaran Kimia di SMA). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Tahun Ajaran 2021/2022) yang terdiri dari 8 Kelas. Pengambilan sampel melalui teknik random sehingga diperoleh kelas XI IPA-1 sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom dan kelas XI IPA-2 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan google classroom dengan jumlah peserta didik masing-masing 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket motivasi belajar, tes hasil belajar, lembar observasi sikap dan keterampilan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest motivasi belajar dan hasil belajar untuk kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikansi untuk motivasi belajar dan hasil belajar kognitif, dimana memberikan indikasi bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.

References

Arnawa, I. N. (2021). Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5: 34–42. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29737

Bintarawati, D. (2020). Implementasi Kelas Virtual Dengan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Di SMA Negeri Bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia 2(2):177-190. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/spin/article/view/2573/1321

Danial, M., Sulastri, T.,dan Husain, H. (2021). Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa Jurusan Kimia Pada Perkuliahan Mikrobiologi Industri Melalui Model Direct Instruction Dengan Sistem Pembelajaran Daring. In Proceedings of National Seminar Research and community service institute Universitas Negeri Makassar edisi 11; 2264-2267.

Dewi, S. N. L. P. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Virus Dengan Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Edutama 7(2): 47-60. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/922.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar edisi revisi. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hammi, Z.( 2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. [skripsi] Falkultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. 68 halaman.

Herreid, C. F., & Schiller, N. A. (2013). Case Studies and Flipped Classroom. Journal of College Science 42(5): 62-66. retrieved from https://www.jstor.org/stable/43631584

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1): 7932-7940.

Khumairah, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMAN 5 Kota Bengkulu. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia 4(2): 92-97. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/alotropjurnal/article/view/13832/6831.

Kurniawan, F. H., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2016). Flipped Classroom sebagai Sarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keaktifan Siswa dalam Proses KBM. Prosiding Inovasi Pendidikan Di Era Big Data Dan Aspek Psikologinya, 139-144. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/Artikel_908671851188.

Kurniawati, M. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1): 8 – 19. doi: 10.20527/edumat.v7i1.6827.

Nur, A. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam 2(1). 117-129. doi:10.37542/iq.v2i01.28.

Pattiserlihun, A. (2020). Blended Learning -Flipped Classroom Pada Pembelajaran Fisika Materi Efek Folistrik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6 (1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Rahmawati, R. A.( 2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terintegrasi Cooperative Learning Terhadap Motivasi Siswa pada Materi Pelajaran Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia10(2):64–68. doi: https://doi.org/10.21009/JRPK.102.01.

Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1):139–150. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18238/14800.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’ Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 229-241. doi: 10.37850/ibtida’.v1i1.155

Scott, C. E., Green, L. E., & Etheridge, D. L. (2016). A Comparison between flipped and lecture-based instruction in the calculus classroom. Journal of Applied Research in Higher Education, 8(2), 252. doi:10.1108/JARHE-04-2015-0024.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 456 halaman.

Uno, H. B. (2006). Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 127 halaman.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Wulansari, N.T. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Keperawatan Dalam Materi Ajar Mikrobiologi. Jurnal Bioeducation pendidikian Biologi Universitas Muhammmadiyah Pontianak 5 (2): 48-52. Retrieved from https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/bioed/article/view/1034/787

Yamin, M. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 316 halaman.

Zheng, L. (2020). The Effectiveness of the Flipped Classroom on Students Learning Achievement and Learning Motivation: A Meta-Analysis. Jurnal Educational Technology & Society 23 (1): 1–15. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/26915403

Zurimi, S. (2019). Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pendukung Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Negeri Tulehu. Jurnal Journal of Technology Research in Information System and Engineering 6(1):1-8. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3001439.
Published
2023-04-28
How to Cite
Jauhariningsih, R. (2023). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Makassar. Jurnal Oase Nusantara, 2(1), 41-52. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/27
Section
Articles