Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran interaktif ClassPoint

  • Zaenab Zaenab SMK Negeri 4 Gowa, Jl. Baso Dg. Ngawing. No. 127, Pallangga, Kab. Gowa, Prov. Sulawesi Selatan 92616
Keywords: karakter siswa, kolaborasi, kurikulum merdeka, pembelajaran inovatif, pedagogi, pengajaran

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran interaktif ClassPoint dalam hal meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas X SMK Negeri 4 Gowa, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian meliputi empat tahap pelaksanaan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ-3 dengan jumlah 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 yang berlokasi di SMK Negeri 4 Gowa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKJ-3 yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi pembelajaran Interaktif ClassPoint pada siklus I termasuk dalam ketegori tinggi. Hasil penelitian ini didukung oleh besarnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan yaitu 42,9% atau sebanyak 15 orang siswa dari 35 siswa. Nilai rata-rata skor siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 5,9. Pada siklus I masih didapatkan siswa yang memiliki nilai pada ketegori rendah yaitu sekitar 28,5% atau sekitar 10 orang siswa. Siklus II mendapatkan siswa yang memperoleh nilai pada ketegori sangat tinggi yaitu sekitar 14,3 dan sudah tidak ditemukan siswa yang memiliki nilai pada kategori sangat rendah. Siswa yang tuntas pada siklus II mencapai 71,4 % atau 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Gowa yang belajar dengan strategi pembelajaran interaktif ClassPoint.

References

Akram, H., & Abdelrady, A. H. (2023). Application of ClassPoint tool in reducing EFL learners’ test anxiety: an empirical evidence from Saudi Arabia. Journal of Computers in Education, 1-19. DOI: 10.1007/s40692-023-00265-z.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 334 halaman.

Barker, P. (1994). Designing Interactive Learning. In: de Jong, T., Sarti, L. (eds) Design and Production of Multimedia and Simulation-based Learning Material. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-011-0942-0_1.

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016) Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10), 1-14.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144-155.

Kamaryani, N. P. S. (2019). Metode Contoh Kasus melalui Diskusi Interaktif dalam Pembelajaran Ekspository. Journal of Education Technology, 3(3), 172-178.

Nugroho, S.H., (2023). Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SMK Kelas X Semester Genap. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 305 halaman.

Ritonga, M. (2018). Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Hingga Masa Reformasi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 88-102.

Rosada, U. D. (2016). Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services to Slow Learner Student. Guidena Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 61-69.

Setiyanto, S., (2023). Pandangan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint pada Mata Kuliah Pendidikan Agama. RESTIA (Jurnal Riset Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 17-25.

Shudur, M. (2019). Manfaat belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(2), 328-346.

Sudjana, N., (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Jaya, 176 halaman.

Sumar, W.T., & Razak, A.I., (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish, 265 halaman.

Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(2), 187-200.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.
Published
2023-04-26
How to Cite
Zaenab, Z. (2023). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran interaktif ClassPoint. Jurnal Oase Nusantara, 2(1), 13-23. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/26
Section
Articles