Model aktivitas bersama dan direct instruction (ABDI) untuk pelatihan kepala sekolah

  • Imran Imran Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK), Jl. Diklat No. 30, Pattallasang, Gowa, Sulawesi Selatan, 92172
Keywords: andragogi, model pembelajaran, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model ABDI dalam memfasilitasi Pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk Kepala Sekolah Jenjang SD dengan fokus kepada peningkatan semangat belajar, efektivitas Diklat TIK, produktivitas dan meningkatkan kemandirian bagi para kepala sekolah. Fakta menunjukkan hasil UKG Kepala Sekolah untuk Kelompok kompetensi pemanfaatan TIK masih rendah, sehingga subjek penelitian ini adalah para Kepala Sekolah jenjang SD yang memiliki kompetensi TIK di bawah rata-rata. Karena kepala sekolah merupakan salah satu aktor utama yang menjadi penentu dalam kemajuan pendidikan di satuan pendidikan. Model ABDI memberikan ruang bagi Widyaiswara untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif, sehingga meningkatkan motivasi belajar kepala sekolah dalam mengikuti Diklat, jika motivasi belajar telah meningkat maka efektivitas proses belajar dapat lebih optimal dan pada akhirnya berbuah pada hasil dan produk yang diharapkan yang akan meningkatkan kemandirian kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Diklat TIK berbasis ABDI dapat meningkatkan semangat belajar para kepala sekolah, meningkatkan efektivitas kegiatan Diklat, berorientasi pada hasil/produk, serta meningkatkan kemandirian para kepala sekolah.

References

Arends, R.I. (2001). Exploring Teaching: An Introduction to Education. New York: Mc Graw-Hill Companies. 624 Halaman.
Irlidiya (2022). Pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran membaca. Jurnal Oase Nusantara 1(1): 77-81.
Putra, S., Widyaswari, S.G., Azhar, A., Puspitasari, R.D., Parmino, D.V. (2020). Dampak Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru Kejuruan Bidang Kemaritiman di Indonesia. Jurnal Widyaiswara Indonesia 1(3): 120-129.
Rachim F. (2022). Pengembangan e-learning informatika dengan pendekatan blended learning melalui model Revo 4.0. Jurnal Oase Nusantara 1(1): 35-43.
Raharjo, K.B. (2013). Model Pembelajaran Kolaborasi. [artikel online] diakses melalui https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/05/27/collaborative-learning/ pada Tanggal 14 Juli 2017.
Rahmah, S. (2015). Pendidik sukses menuju pendidikan berkualitas. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 6(2), 109-121.
Sofiyah. (2010). Pengaruh Model Pengajaran langsung (Direct Instruction) Terhadap hasil belajar Fisika Siswa. [Skripsi] Jakarta: UIN Syarif Hidayatulla. Diakses melalui http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2540/1/SOFIYAH-FITK.pdf.
Published
2022-06-01
How to Cite
Imran, I. (2022). Model aktivitas bersama dan direct instruction (ABDI) untuk pelatihan kepala sekolah. Jurnal Oase Nusantara, 1(2), 75-85. Retrieved from https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/12
Section
Articles