Artikel Populer

Peran software, hardware dan brainware dalam sistem informasi manajemen sekolah

Abstrak
Sistem informasi manajemen memainkan peran strategis dalam menghadapi persaingan bebas pada saat ini dalam membentuk proses bisnis yang baik yang merupakan kunci keberhasilan dari suatu organisasi/perusahaan. Sistem informasi manajemen sangat bergantung dari komponen-komponen dalam menghasilkan sistem informasi dalam kebutuhannya. Kesenjangan yang terjadi dalam pelaksanaan komponen tersebut akan menghasilkan informasi yang kurang akurat, kurang detail, kurang tepat waktunya dan kurang relevan akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan pada perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu perlu adanya pemahaman yang mendalam mengenai komponen-komponen dalam sistem informasi manajemen kususnya hardware, software dan brainware agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Lihat Artikel >

Implementasi pembelajaran arithmetic and logic unit menggunakan computer science unplugged di SMA Negeri 3 Balikpapan

Abstrak
Perkembangan teknologi informasi saat ini maju cukup pesat. Sehingga mendorong dunia pendidikan untuk memberikan pembelajaran informatika, supaya masyarakat dan peserta didik pada khususnya tidak tertinggal jaman dan gagap teknologi. Pembelajaran informatika selama ini belum bisa dirasakan secara utuh dan maksimal karena adanya beberapa kendala yang ada di lapangan. Sebagai contoh adalah kendala ketersediaan komputer dalam jumlah yang masih sedikit di beberapa sekolah, khususnya sekolah di daerah pelosok. SMA Negeri 3 Balikpapan termasuk salah satu sekolah yang memiliki fasilitas ketersediaan komputer yang cukup terbatas. Metode pembelajaran menggunakan Computer Science (CS) Unplugged menjadi salah satu hal yang penting dalam pembelajaran informatika, karena peserta didik tetap dapat melakukan pembelajaran tanpa harus menggunkan media pembelajaran komputer. Pembelajaran Arithmetic and Logic Unit (ALU) menggunakan CS Unplugged dapat dilakukan dengan simulasi dan role play games pada peserta didik. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran ini adalah peserta didik mampu memahami bagaimana proses cara kerja komputer melalui kerjasama antara peran CPUALU dan Display menggunakan CS Unplugged tanpa harus menggunakan media komputer.
Lihat Artikel >

Penerapan metode simulasi CFin untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran informatika siswa Kelas X SMAN 4 Sidoarjo

Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Informatika materi jaringan komputer yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan perolehan hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi CFin dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket model rating scale. Sampel penelitian adalah 58 siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar adalah ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar dan pengetahuan dengan menggunakan metode CFin. Berdasarkan analisis regresi, diperoleh hasil bahwa minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan minat belajar siswa. Artinya semakin baik minat belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa yang semakin baik.
Lihat Artikel >